Wednesday, March 7, 2012

Ingin Meningkatkan Daya Konsentrasi?? Ini Makanan dan Minumannya

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak juga mengalami penurunan. Kondisi itu membuat banyak iklan di media menawarkan produk untuk mempertajam pikiran, daya ingat dan membantu konsentrasi. Tapi apakah itu benar-benar efektif? Atau mau mencoba makanan yang meningkatkan konsentrasi.

Penelitian membuktikan bahwa apa yang kita makan sangat berpengaruh bagi tubuh dan aktivitas yang kita lakukan. Makanan yang tepat untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam, dapat meningkatkan kinerja otak kita sehingga akan lebih mampu berkonsentrasi dan menajauhkan diri Anda dari lemas.  

Berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang bisa meingkatakan daya konsentrasi Anda

Gandum.  
Sarapan di pagi hari sebelum memulai aktivitas merupakan sesuatu yang sangat penting. Sarapan bukan hanya bisa memperlancar metabolisme tubuh, tapi juga menjaga kadar gula dalam darah dan membuat tubuh terhindar dari diabetes. Sarapan dengan semangkuk cereal atau oat dapat membantu tubuh untuk mengatur kadar gula dalam darah, menjaga jantung tetap sehat, dan membuat kita lebih berkonsentrasi.

Ikan.  
Ikan mengandung Omega 3 dan DHA, yakni senyawa yang berperan penting dalam sistem syaraf manusia. Kekurangan DHA dapat membuat risiko terserang alzheimer menjadi lebih tinggi. Selain itu, ikan juga kaya akan yodium yang dapat membuat Anda lebih tenang. Untuk otak dan jantung yang sehat, konsumsi ikan minimal dua kali dalam seminggu.

Kopi.  
Secangkir kopi di pagi hari dapat membuat otak Anda bekerja lebih jernih. Kopi mengandung kafein yang mampu membuat Anda lebih segar, termasuk jika Anda mengkonsumsi coklat ataupun minuman berenergi. Namun, Anda harus berhati-hati, karena jika Anda mendapat asupan kafein terlalu banyak, bukan pikiran jernih yang Anda dapatkan, melainkan kegelisahan karena otak Anda bekerja terlalu keras.

Alpukat. 
Alpukat merupakan sumber lemak yang baik untuk kesehatan, termasuk juga untuk mendorong sirkulasi darah agar lebih lancar. Sirkulasi darah penting untuk menunjang otak agar dapat bekerja maksimal. Alpukat mampu membuat darah tersirkulasikan dengan baik hingga ke otak, sehingga Anda bisa berkonsentrasi dan berpikir dengan jernih. Jus alpukat tampaknya bisa menjadi minuman yang lebih sering Anda pilih.

Tomat.  
Tomat mengandung lycopene, yakni senyawa anti-oksidan yang sangat berguna untuk melindungi Anda dari radikal bebas yang mampu merusak sel-sel dalam otak. Radikal bebas dipercaya dapat membuat Anda mengalami demensia, dan bahkan alzheimer, sebuah penyakit yang kini kerap kali menghantui masyarakat modern. Karenanya, Anda perlu memperbanyak mengkonsumsi tomat.

Semoga bermanfaat.....

Share

Baca Juga:

3 comments:

  1. ntar aku coba gan?? infonya menarik

    ReplyDelete
  2. Ni baru makanan sehat...
    sedang berusaha untuk hanya makan makanan sehat.
    semangat

    ReplyDelete