Thursday, December 1, 2011

Memilih Camilan Yang Aman Buat Di Konsumsi

Ada baiknya sebelum mengonsumsi makanan pilih dahulu mana makanan yang aman dan tidak aman untuk dikonsumsi. Namun, perlu diingat, kriteria aman itu bervariasi.
Aman bagi satu orang, belum tentu aman untuk yang lain.

Berikut tip untuk memilih makanan yang aman:

1. Perhatikan warnanya


Perhatikan warna makanan yang dikonsumsi, apakah makanan tersebut berwarna mencolok atau jauh berbeda daripada warna aslinya. Aneka camilan, kerupuk, mi, es krim, dan agar-agar yang berwarna terlalu mencolok, ada kemungkinan telah ditambahi zat pewarna yang tidak aman.

2. Amati komposisinya


Bacalah dengan teliti, adakah kandungan bahan-bahan makanan tambahan yang bahaya, dan bisa merusak kesehatan.

3. Cicipi rasanya


Sebelum dimakan secara lahap, cicipi sedikit makanan tersebut. Biasanya lidah cukup jeli untuk membedakan mana makanan yang aman atau tidak. Makanan yang tidak aman, umumnya berasa tajam, misal sangat gurih sehingga membuat lidah bergetar dan tenggorokan gatal.

4. Cium aromanya

Bau apek atau tengik pertanda makanan tersebut sudah rusak atau terkontaminasi mikroorganisme.

5. Perhatikan kualitasnya


Perhatikan kualitas makanan, apakah masih segar atau sudah berjamur yang bisa menyebabkan keracunan. Makanan yang sudah berjamur menandakan proses tidak berjalan dengan baik atau sudah kadaluwarsa.

6. Terdaftar di BPOM


Jika ingin membeli makanan impor, usahakan produknya telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang bisa dicermati dalam label yang tertera di kemasannya.a

Share

Baca Juga:

0 comments:

Post a Comment